Rabu, 10 Oktober 2012

Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT Bagi Guru SMP Kawasan Nelayan Makassar


A.         Latar Belakang
Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat hingga ke sudut terjauh dalam kehidupan kita, telah memaksa semua elemen yang terkait dengan pendidikan untuk berbuat sesuatu yang akan mampu mengubah kondisi yang ada menuju kesiapan semua pihak. Menyikapi perkembangan sektor pendidikan saat ini, khususnya di Kota Makassar, diperlukan cara pandang baru dalam mengelola dan mengembangkannya. Karena itu saat ini di dunia pendidikan diperlukan manager, guru dan tenaga administratif yang mobile, kreatif, inovatif dan amanah.
Peningkatan mutu pendidikan di kota Makassar, Sulawesi Selatan telah banyak dilakukan, antara lain: ToT (Training of Trainer) bagi pengelola pendidikan (Guru, TU, Kepala Sekolah, Pengawas/Pembina), pengadaan infrastruktur, dan pelatihan manajemen sekolah. Kondisi tersebut ternyata belum berdampak secara optimal terhadap mutu proses dan mutu hasil pembelajaran. Hal ini dapat terlihat dari salah satu parameter kualitas out put berupa hasil Ujian Nasional (UN) SMP sederajat di Sulawesi Selatan, kota Makassar hanya menempati peringkat ke-19 dari 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan dengan persentase ketidaklulusan sebesar 0,30% dari 20.223 peserta, sebanyak 61 siswa dinyatakan tidak lulus (Tribun Timur, 2 Juni 2011). Terkhusus daerah kepulauan kota Makassar, tingkat kelulusan dan nilai rata-rata mata pelajaran yang diUN-kan terutama mata pelajaran Matematika masih relatif rendah.
Kondisi tersebut di atas, mungkin diakibatkan belum meratanya ilmu yang didapatkan dari hasil pelatihan-pelatihan, karena tahap desiminasi dan implementasi hasil pelatihan belum optimal sampai ke tingkat sekolah sehingga terjadi stagnasi (kemandegan). Sebab lainnya, karena tidak adanya upaya peserta pelatihan untuk melaksanakan desiminasi dan implementasi hasil pelatihannya, sehingga mereka kembali kepada kebiasaan lamanya, resisten terhadap perubahan yang ada, alhasil back to basic.
Perkembangan teknologi informasi yang pesat juga berimplikasi pada proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran bagi siswa menjadi tidak menarik, tidak menyenangkan dan tidak interaktif dengan ketidakhadiran media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Padahal, guru dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam pembuatan media pembelajaran sehingga pembelajaran bisa menjadi lebih menarik, menyenangkan, interaktif dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa SMP di kawasan nelayan. Dalam hal ini guru diharapkan mampu menguasai teknologi informasi khususnya dalam pembuatan media pembelajaran berbasis IT.
Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, maka MGMP Matematika SMP Negeri yang berada di kawasan nelayan Kota Makassar mencoba untuk berbuat dengan mengusung opini upaya peningkatan kinerja guru SMP di kawasan tersebut. Adapun jenis kegiatan yang dipandang akan mampu meningkatkan kinerja guru SMP di kawasan nelayan adalah workshop pengembangan media pembelajaran berbasis IT bagi guru-guru SMP di kawasan nelayan kota Makassar.

B.         Tujuan Program
1.      Memberikan wahana bagi Guru SMP di kawasan nelayan kota Makassar untuk meningkatkan performance mengajar melalui pelaksanaan kegiatan ini.
2.      Memberikan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan kepada guru SMP di kawasan nelayan dalam membuat media pembelajaran berbasis IT.
3.      Melatih guru untuk meningkatkan kecakapan dalam membuat media pembelajaran interaktif berbasis IT, sehingga menghasilkan pembelajaran yang lebih interaktif, menarik dan menyenangkan sehingga bisa meningkatkan motivasi belajar siswa.

C.         Sasaran
Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru SMP di kawasan nelayan kota Makassar yang terdiri dari 10 sekolah, yaitu:
1.      SMP Negeri 11 Makassar, terletak di kawasan nelayan Kapasa Biringkanaya Makassar
2.      SMP Negeri 15 Makassar, terletak di pesisir selatan Makassar.
3.      SMP Negeri 28 Makassar, terletak di Pulau Barrang Lompo Makassar.
4.      SMP Negeri 37 Makassar, terletak di pesisir utara Makassar.
5.      SMP Negeri 38 Makassar, terletak di Pulau Kodingareng Makassar.
6.      SMP Negeri 39 Makassar, terletak di Pulau Barrang Caddi Makassar.
7.      SMP Negeri 41 Makassar, terletak di Pulau Lae-lae Makassar.
8.      SMP Negeri 42 Makassar, terletak di Pulau Bonetambu Makassar.
9.      SMP Negeri 43 Makassar, terletak di Pulau Langkai Makassar.
10.   SMP Negeri 44 Makassar, terletak di kawasan nelayan Delta Pulau Lakkang Kec. Tallo Makassar.

D.         Hasil yang Dicapai
1.      Meningkatnya performance guru SMP di kawasan nelayan Makassar dalam melaksanakan pembelajaran;
2.      Meningkatnya kemampuan guru SMP di kawasan nelayan Makassar dalam membuat media pembelajaran berbasis IT.
3.      Meningkatnya motivasi belajar siswa SMP di kawasan nelayan Makassar sebagai implikasi dari media pembelajaran berbasis IT yang interaktif, menarik dan menyenangkan.

E.     Manfaat
1.      Meningkatkan kualitas pembelajaran guru-guru SMP di kawasan nelayan kota Makassar;
2.      Meningkatkan kemampuan guru SMP di kawasan nelayan kota Makassar dalam membuat media pembelajaran berbasis IT.
3.      Terciptanya jaringan kerjasama antar guru SMP di kawasan nelayan kota Makassar. 


PELAKSANAAN

A.     Tempat dan Waktu
Kegiatan ini dilaksanakan di LEC Athirah, Bukit Baruga Antang Makassar pada tanggal 14 Juli, 21 Juli, 28 Juli, dan 4 Agustus 2012.

B.     Sarana dan Prasarana
1.     Aula pertemuan
2.     LCD projector
3.     Laptop
4.     ATK
5.     Sound system
6.     Printer 3 in 1 (Print, scan, copy)

C. Struktur Program
1.     Pengenalan Komputer
a.     Sejarah perkembangankomputer
b.    Komponen-komponen komputer
2.     Operasi dasar komputer
a.      Menghidupkan dan mematikan computer
b.      Mengidentifikasi bagian-bagian layar desktop dan tampilan umum program yang berjalan di bawah sistem operasi Windows
c.     Mengelola file dan folder
3.    Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Powerpoint
a.      Membuka Microsoft power point
b.      Membuka dokumen baru pada power point
c.      Menyimpan dokumen pada Microsoft office power point
d.      Pengenalan bagian-bagian Microsoft office powerpoint
e.      Membuat slide presentasi pada powerpoint
4.    Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Powerpoint

Berikut media pembelajaran matematika yang telah dibuat oleh guru-guru SMP di Kawasan Nelayan Makassar
  1.  Sahabuddin, S.Pd: Bilangan Bulat
  2. Andi Nurfadilah, S.Pd: Bilangan Bulat
  3. Andi Nurfaidah, S.Pd: Layang-Layang
  4. Rahma Rusli, S.Pd: Kubus dan Balok
  5. Rahmajanti, S.Pd: Bentuk Aljabar
  6. Drs. Ramli: Pemfaktoran Bentuk Aljabar
  7. Rukmini: Bilangan Bulat
  8. Rusdiyanto: Bilangan Bulat
  9. Sumaryo: Bilangan
  10. Syamsiah: Layang-Layang 
 Inilah persembahan guru-guru SMP di Kawasan Nelayan Makassar...mudah-mudahan karya mereka yang baru belajar menyentuh komputer bisa bermanfaat bagi masyarakat terkhusus bagi guru di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar