A.
Latar Belakang
Perkembangan teknologi dan informasi
yang semakin pesat hingga ke sudut terjauh dalam kehidupan kita, telah
memaksa semua elemen yang terkait dengan pendidikan untuk berbuat sesuatu yang
akan mampu mengubah kondisi yang ada menuju kesiapan semua pihak. Menyikapi
perkembangan sektor pendidikan saat ini, khususnya di Kota Makassar, diperlukan
cara pandang baru dalam mengelola dan mengembangkannya. Karena itu saat ini di
dunia pendidikan diperlukan manager, guru dan tenaga administratif yang mobile,
kreatif, inovatif dan amanah.
Peningkatan mutu pendidikan di kota
Makassar, Sulawesi Selatan telah banyak dilakukan, antara lain: ToT (Training of Trainer) bagi pengelola
pendidikan (Guru, TU, Kepala Sekolah, Pengawas/Pembina), pengadaan
infrastruktur, dan pelatihan manajemen sekolah. Kondisi tersebut ternyata belum
berdampak secara optimal terhadap mutu proses dan mutu hasil pembelajaran. Hal
ini dapat terlihat dari salah satu parameter kualitas out put berupa hasil
Ujian Nasional (UN) SMP sederajat di Sulawesi Selatan, kota Makassar hanya
menempati peringkat ke-19 dari 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan dengan
persentase ketidaklulusan sebesar 0,30% dari 20.223 peserta, sebanyak 61 siswa
dinyatakan tidak lulus (Tribun Timur, 2 Juni 2011). Terkhusus daerah kepulauan
kota Makassar, tingkat kelulusan dan nilai rata-rata mata pelajaran yang
diUN-kan terutama mata pelajaran Matematika masih relatif rendah.
Kondisi tersebut di atas, mungkin
diakibatkan belum meratanya ilmu yang didapatkan dari hasil
pelatihan-pelatihan, karena tahap desiminasi dan implementasi hasil pelatihan
belum optimal sampai ke tingkat sekolah sehingga terjadi stagnasi (kemandegan).
Sebab lainnya, karena tidak adanya upaya peserta pelatihan untuk melaksanakan
desiminasi dan implementasi hasil pelatihannya, sehingga mereka kembali kepada
kebiasaan lamanya, resisten terhadap perubahan yang ada, alhasil back to basic.
Perkembangan teknologi informasi yang
pesat juga berimplikasi pada proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran bagi
siswa menjadi tidak menarik, tidak menyenangkan dan tidak interaktif dengan
ketidakhadiran media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Padahal, guru
dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam pembuatan media pembelajaran
sehingga pembelajaran bisa menjadi lebih menarik, menyenangkan, interaktif dan
mampu meningkatkan motivasi belajar siswa SMP di kawasan nelayan. Dalam hal ini
guru diharapkan mampu menguasai teknologi informasi khususnya dalam pembuatan
media pembelajaran berbasis IT.
Berdasarkan latar belakang
tersebut di atas, maka MGMP Matematika SMP Negeri yang berada di kawasan
nelayan Kota Makassar mencoba untuk berbuat dengan mengusung opini upaya
peningkatan kinerja guru SMP di kawasan tersebut. Adapun jenis kegiatan yang
dipandang akan mampu meningkatkan kinerja guru SMP di kawasan nelayan adalah workshop pengembangan
media pembelajaran berbasis IT bagi guru-guru SMP di kawasan nelayan kota Makassar.
B.
Tujuan Program
1.
Memberikan wahana bagi Guru SMP di kawasan nelayan kota
Makassar untuk meningkatkan performance
mengajar melalui pelaksanaan kegiatan ini.
2.
Memberikan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan kepada
guru SMP di kawasan nelayan dalam membuat media pembelajaran berbasis IT.
3.
Melatih guru untuk meningkatkan kecakapan dalam membuat
media pembelajaran interaktif berbasis IT, sehingga menghasilkan pembelajaran
yang lebih interaktif, menarik dan menyenangkan sehingga bisa meningkatkan
motivasi belajar siswa.
C.
Sasaran
Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru SMP
di kawasan nelayan kota Makassar yang terdiri dari 10 sekolah, yaitu:
1. SMP Negeri 11
Makassar, terletak di kawasan nelayan Kapasa Biringkanaya Makassar
2. SMP Negeri 15
Makassar, terletak di pesisir selatan Makassar.
3. SMP Negeri 28
Makassar, terletak di Pulau Barrang Lompo Makassar.
4. SMP Negeri 37
Makassar, terletak di pesisir utara Makassar.
5. SMP Negeri 38
Makassar, terletak di Pulau Kodingareng Makassar.
6. SMP Negeri 39
Makassar, terletak di Pulau Barrang Caddi Makassar.
7. SMP Negeri 41
Makassar, terletak di Pulau Lae-lae Makassar.
8. SMP Negeri 42
Makassar, terletak di Pulau Bonetambu Makassar.
9. SMP Negeri 43
Makassar, terletak di Pulau Langkai Makassar.
10. SMP Negeri 44
Makassar, terletak di kawasan nelayan Delta Pulau Lakkang Kec. Tallo Makassar.
D.
Hasil yang Dicapai
1.
Meningkatnya performance
guru SMP di kawasan nelayan Makassar dalam melaksanakan pembelajaran;
2.
Meningkatnya kemampuan guru SMP di kawasan nelayan
Makassar dalam membuat media pembelajaran berbasis IT.
3.
Meningkatnya motivasi belajar siswa SMP di kawasan
nelayan Makassar sebagai implikasi dari media pembelajaran berbasis IT yang
interaktif, menarik dan menyenangkan.
E.
Manfaat
1.
Meningkatkan kualitas pembelajaran guru-guru SMP di kawasan
nelayan kota Makassar;
2.
Meningkatkan kemampuan guru SMP di kawasan nelayan kota
Makassar dalam membuat media pembelajaran berbasis IT.
3.
Terciptanya jaringan kerjasama antar guru SMP di kawasan
nelayan kota Makassar.
PELAKSANAAN
A.
Tempat
dan Waktu
Kegiatan ini
dilaksanakan di LEC Athirah, Bukit Baruga Antang Makassar pada tanggal 14 Juli, 21 Juli, 28 Juli, dan 4 Agustus 2012.
B.
Sarana
dan Prasarana
1. Aula pertemuan
2. LCD projector
3. Laptop
4. ATK
5. Sound system
6. Printer 3 in 1 (Print, scan,
copy)
C. Struktur
Program
1. Pengenalan Komputer
a. Sejarah perkembangankomputer
b. Komponen-komponen komputer
2. Operasi dasar komputer
a. Menghidupkan dan mematikan
computer
b. Mengidentifikasi
bagian-bagian layar desktop dan tampilan umum program yang berjalan
di bawah sistem operasi Windows
c. Mengelola file dan folder
3. Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif dengan Powerpoint
a.
Membuka Microsoft power point
b.
Membuka dokumen baru pada power point
c.
Menyimpan dokumen pada Microsoft office power point
d.
Pengenalan bagian-bagian Microsoft office powerpoint
e.
Membuat slide presentasi pada powerpoint
4. Workshop Pembuatan
Media Pembelajaran Interaktif dengan Powerpoint
Berikut media pembelajaran matematika yang telah dibuat oleh guru-guru SMP di Kawasan Nelayan Makassar
- Sahabuddin, S.Pd: Bilangan Bulat
- Andi Nurfadilah, S.Pd: Bilangan Bulat
- Andi Nurfaidah, S.Pd: Layang-Layang
- Rahma Rusli, S.Pd: Kubus dan Balok
- Rahmajanti, S.Pd: Bentuk Aljabar
- Drs. Ramli: Pemfaktoran Bentuk Aljabar
- Rukmini: Bilangan Bulat
- Rusdiyanto: Bilangan Bulat
- Sumaryo: Bilangan
- Syamsiah: Layang-Layang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar